bintang

Sabtu, 20 November 2010

KOMUNIKASI YANG BAIK ANAK DAN ORANG TUA MAMPU MENYELAMATKAN SATU DUSUN


Hari ini Sabtu, 20 November 2010 gw membaca berita di KOMPAS.COM. judulnya warga satu dusun selamat dari tsunami. luar biasa bener nih dusun, yuk kita baca dulu ulasanya:

...."Penduduk di Dusun Limosoa di wilayah Pagai Selatan seluruhnya selamat walaupun rumah-rumahnya semua hancur. Tidak ada korban jiwa di dusun itu," kata Dr Danny Hilman, pakar geologi dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dalam konferensi pers yang diadakan di Gedung Dewan Pertimbangan Presiden, Jakarta, Jumat (19/11/2010).

Danny mengatakan bahwa pendidikan tentang gempa bumi dan potensinya memang sangat penting disebarkan di masyarakat. Para penduduk tersebut selamat berkat adanya pemahaman tentang gempa. Di dusun tersebut, terjadi transfer pengetahuan yang baik antara anak-anak dan orang tua. Anak-anak yang mendapat pengertian yang baik tentang gempa dari sekolah memberitahukan kepada orang tua.

"Orang tua mengerti tentang gempa justru dari anak-anaknya. Sementara itu, anak-anak sendiri mendapatkan pendidikan dari sekolah," kata Hilman. Dengan demikian, saat gempa terasa, seluruh penduduk buru-buru menyelamatkan diri ke tempat yang lebih tinggi untuk mengantisipasi tsunami.

Apa yang terjadi di dusun ini, menurut Danny, bisa menjadi contoh yang baik untuk daerah lain. Dari pengalaman tersebut, ia mengatakan bahwa pendidikan tentang gempa dan tsunami sudah menjadi hal yang mutlak. Pemahaman yang baik tentang gempa dan tsunami mampu menyelamatkan masyarakat dari bencana.

sumber kompas.com

Selain pedidikan tentang gempa dan tsunami yang baik, dibutuhkan komunikasi yang baik antara orangtua dan anak. Gw heran banget di dusun yang plosok ini ternyata berisi dengan keluarga2 yang luar biasa. Orang tua tidak ragu menerima masukan dari yang muda, dan hebatnya para orang tua itu dengan berjiwa besar mau menerima pendidikan dari para anak2nya.

Kalian bisa membayangkan jika para orang tua mengatakan hal ini:

"kamu itu masih kecil, tau apa tentang bencana, bapak/ibumu sejak bayi hidup di pinggir pantai ga pernah terjadi apa2 kok!".....................

so guys..... belajar mendengar yang lebih muda ngga ada salahnya kok... karena kita diuntungkan. makin banyak pendapat dari berbagai sisi bukanya kita jadi bingung tapi akan membuat kita menjadi lebih tepat dalam mengambil kesimpulan.


foto:detik.com

ndf***

0 komentar: